Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Makassar

27 April 2015

Hari kedua di Makassar saya sudah siapken daftar objek yang harus didatengin. Dan pagi itu kita akan obrak abrik yang namanya Taman Nasional Bantimurung, begitu sebutan dari penduduk sekitar Maros buat objek wisata ini. Di sini dikenal sebagai kerajaan kupu – kupu, selain itu juga ada danau, air terjun, goa, mata air, museum dan banyak lagi.. Oiya buat tau sejarah ato letak geografisnya bisa klik link ini:

Taman Nasional Bantimurung

IMG_4924

Lokasinya di daerah Maros, dari kota Makassar skitar 1 jam pakai taxi. Awalnya kita mau pake angkot tapi ternyata untuk ke objek wisatanya ndak ada huff.. Pertama liat kesannya keren, ada tulisan besar di deretan bukit disitu. Tapi entah karena kurang perhatian dari pemerintah atau gimana setelah di depan gerbang ada sesuatu yang disayangkan, sayap patung kupu – kupu patah sebelah, but don’t judge book by the cover.. 😉

IMG_4920

IMG_4705

IMG_4702

Cenderamata disana dominan kupu, kayaknya kupu yang diawetkan gitu, entah itu dosa ato endak tapi bagus e.. XD Disana saya dan keponakan cowo saya dari Jawa didampingi mas-mas dari dinas pariwisata buat nelusuri Bantimurung ini, katanya kalo muter-muter sendiri belom tentu bisa pulang, luas banget choooy tanahnyaaaa wkwk.. Itu mas nya yang jalan ke arah kita di foto yang akhirnya nemenin kita skalian kebeberapa objek wisata disekitaran Maros, rencana si ada 3 objek jadi Bantimurung mungkin ndak bisa selesai dijelajah karena waktunya kurang  buat hari itu huff.. Ini dia yang ada di dalemnya..

IMG_4712

IMG_4714

Foto di atas itu bentukan tempat makan disana lho, berjajar persis disamping aliran sungai dari air terjun yang terkenal disitu. Dan yang mbuat betah di semua lokasi di tempat ini banyak kupu-kupu beterbangan, anehnya mereka ndak takut sama manusia yang lalu lalang disekitarnya. Bener-bener The Kingdom of Butterfly.

IMG_4728

IMG_4735

IMG_4745

Setelah lewatin mata air, tempat makan & air terjun kita diajak makin masuk lagi ke hutan. Katanya disana ada danau kecil, goa, kolam renang dan pesarean juga. Semuanya di area hutan lindung dengan macam-macam binatang liar yang dilindungi. Akses masuk kedalam hutan lindung cukup baik, banyak suara-suara binatang khas hutan liar & sepanjang aliran sungai ada stalaknit stalakmit yang sudah dari alamnya ada, bukan buatan. Oiya, karena saat kami kesana cuaca sedang penghujan kurang bersahabat jadi airnya agak keruh dan alirannya deras pake banget.

IMG_4756

IMG_4780

IMG_4804

IMG_4814

Akses menuju goa lumayan juga ternyata, nyungsep-nyungsep lewat hutan yang akar pohonnya nglewer kemana mana kek buat gelantungan tarzan, nglewatin danau kecil & nelusurin lorong bebatuan gitu..

IMG_4819

IMG_4821

IMG_4823

Daaan ini dia Goa nya, kabarnya dulu buat bertapa. Agak-agak mistis gitu karena kebetulan juga letaknya deketan sama pesarean, saya lupa itu pesarean siapa yang jelas tokoh mistis daerah sana. Karena di dalemnya ndak ada penerangan sama sekali jadi pastiin bawa senter dan kalo bisa jangan jalan tanpa ada orang petugas dinas yang nguasain daerah itu.

IMG_4842

IMG_4872

IMG_4873

Karena ngejar 2 objek lainnya di daerah Maros yang ndak kalah bagusnya akhirnya kita balik ke arah kota lagi. Dan ini beberapa spot yang sempet saya ambil di menit-menit sebelom kepulangan saya dari Bantimurung..

IMG_4898

IMG_4915

IMG_4907

Capek bener dah muter-muter Bantimurung ni, ini juga masi belom smuanya kejamah lhoo.. Karena daerah sini termasuk desa jauh dari mana-mana akhirnya buat nyambung hidup kita makan apa yang dijual di depan pintu gerbang wisata aja demi bisa ngelanjutin perjalanan berikutnya.. Mbaksooo, sekilas kupatnya sejenis sama kupat di Lombok ternyata, digubet-gubet gitu.. XD

IMG_20150428_135558

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s