Rammang-Rammang Maros, Sulawesi Selatan

Nyuci udah, sarapan udah, beres-beres udah, tinggal ngelanjutin hari ketiga di Makassar.. XD Setelah liat yang purba-purba sore itu kita lanjut ke yang tradisional. Agak lebih maju jamannya tapi tetep dengan nuansa perkampungan terpencil yang dikelilingin karst ato bukit kapur. Yak wisata alam yang ndak banyak orang tau, apalagi orang Jawa wkwk..

IMG_5060

Tempat ini terpencil gitu, ada sebuah desa yang dikellilingi bukit kapur ato sering disebut karst. Buat kesana kita mesti naik perahu karena transportasi di desa ini cuman pake itu. Dari kota Makassar skitar 90 menit untuk masuk ke daerah Maros. Smentara buat ke dermaganya ternyata dipinggir jalan raya dan ndak keliatan kayak dermaga, saya malah ngiranya itu jembatan aja hahaha.. Nah perahunya nyewa bolak balik waktu itu kita dapet 200rb, dapet topi caping dan akomodasi bebas sampe jam brapa juga disana. Tapi karena disana ndak ada listrik baiknya surup mesti udah balik ke jalan raya, kecuali emang kalo mau tinggal di desanya. Tapi pun di sana ndak ada penginepan, rumah penduduk aja bisa diitung jari ndak ada 20 biji. Yuk mari menjelajah, asik..

IMG_5061

IMG_5073

IMG_20150428_163849

Yak, yang pake baju merah ini mas-mas dari DinPar yang kita temuin sedari kita dolan di Bantimurung. Awalnya pake baju dinas sama sepatuan pantofel dan ternyata beliaunya bawa kao, trus saya kasiin sendal hotel buat dipake wkwk.. Itu dari lawan arah ada penduduk lokal lagi mancing (mungkin), diem aja dia dipojokan pas kita lewat. Ato lagi galau kurang tau juga deh.. XD Jalan sungainya kelok-kelok gitu, kanan kiri banyak taneman air dan kita juga mbrobos-mbrobos kek semacem goa kecil juga.. Ndak ada pelampung, kebetulan ndak terlalu lancar renang juga, jadi ini cuman modal bismillah aja smoga ndak ketauan Bapak yang lagi rapat di Makassar kalo anaknya keluyuran sama orang yang baru dikenal dan bawa sepupu dari Jawa yang baru pertama ke Sulawesi ndak tau jalan juga hahaha..

IMG_20150428_171305

IMG_5081

IMG_5084

IMG_5095

IMG_5103

Nah menurut si bapak yang punya kapal, perkampungannya ada di balik bukit kapur itu. Perjalanan kurang lebih sekitar setengah jam lagi buat sampek ke sana..

IMG_5159

IMG_5110

IMG_5114

IMG_5119

IMG_5126IMG_5151

DSC_0033

Dan ini dia kampungnya, poto terakhir ini menghadap ke Timur jadi cobak bayangin kalo pas shubuh matahari baru muncul pasti keren. Karena kebetulan hari itu mendung gerimis mellow gitu dan yang ngambil gambar amatiran (saya) jadi ya ala kadarnya aja ya potonya wkwk.. Disana cuman ada satu warung kecil pake kayu gitu rumahnya dan ndak ada listrik tadi udah sempet dibahas kan. Jadi sebelom saya kena marah karena kelayapan sampe sore ndak pulang-pulang, kita akhirin dolan hari ketiga di Makassar itu. Pas banget juga batre kamera abis jadi pulangnya cuma bisa motret pake kamera Hp dan itu tetep keren..

IMG_20150428_173012

IMG_20150428_172557

Habis dari sini saya ngerasa keren tinggal di Indonesia yang punya banyak wisata alam yang keren. Tapi sayang ndak semua penduduknya paham dan sadar buat ngelestariinnya. Kenapa saya bilang gitu? Karena ndak jauh dari dermaga Rammang-Rammang itu saya di kasi lihat sama mas-mas dari Dinpar pemandangan yang ndak enak. Bukit-bukit kapur diancurin sama mesin-mesin pembuat semen, kabarnya itu dikelola pribadi sama orang nomer sekian di Indonesia. Bukitnya dibeli satu persatu buat diolah jadi semen dan yang nantinya untuk pembangunan juga sik, tapi yaaa kalo bukitnya terus diancurin gitu apa kabar alam Indonesia..

IMG_5057

Manusia emang perusak, termasuk saya juga, semoga alam ndak marah.. Salam dari kita anak jawa yang nyasar ke pulau orang, boleh numpang selpi sama sepupu yang ngganteng dhewe ya XD Oiya kalo mau tau lebih banyak soal Rammang Rammang Maros bisa tengok kesini: Rammang Rammang

DSC_0006

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s